Monday, December 7, 2015

Dinilai Hambat Saluran Air, Ahok akan bongkar Jembatan Kalibata !

Ahok Bongkar Jembatan Kalibata

Berita Ahok - Ahok, sebutan dari Basuki Tjahja Purnama Gubernur DKI Jakarta memiliki rencana akan membongkar Jembatan Kalibata yang terletak di Jakarta Selatan. Pembongkaran yang akan dilakukan oleh Ahok ini dilakukan karena jembatan Kalibata dianggapnya menganggu saluran air karena menumpuknya sampah yang terlalu banyak di jembatan tersebut.

"Makanya Kalibata sering tergenang air, karena jembatanya tertutup oleh sampah-sampah" kata Ahok.

Ahok mengatakan jika nantinya akan banyak pihak yang akan membantunya mengatasi masalah ini yaitu pembongkaran Jembatan Kalibata. Dan salah satu yang menyatakan ketersediaannya untuk membantu adalah pihak dari Kodam Jaya yang siap membongkar jembatan yang dinilai sudah pendek tersebut.

Untuk membongkar jembatan kali ini, Ahok membutuhkan sekiranya 40 truk pengangkut sampah, untuk mengangkut semua sampah yang menyangkut di Jembatan Kalibata ini nantinya.

 Namun sayang sekali untuk proses pembongkaran jembatan Kalibata ini masih membutuhkan waktu sedikit lama untuk direalisasikan. Hal itu dikarenakan, dalam pembongkarannya masih membutuhkan proses lelang terlebih dahulu.
Dinilai Hambat Saluran Air, Ahok akan bongkar Jembatan Kalibata !

Jembatan Kalibata Menurut Ahok Menghambat Saluran Air


Ahok menambahkan, jika Jembatan Kalibata ini memiliki aset tercatatnya, sehingga tidak bisa seenaknya saja melakukan pembongkaran. Karena, jika pembongkaran jembatan ini dilakukan tanpa melakukan proses lelang terlebih dahulu, maka Ahok nantinya dapat dikenakan sanksi hukum karena tidak mengikuti prosedur yang sudah ada.

Mantan wakil Gubernur di era presiden Jokowi ini juga mengatakan jika ia akan menargetkan  proses lelang ini agar cepat selesai, Ahok juga berjanji setelah proses lelang tersebut selesai, maka dia akan langsung menjalankan program lelangnya agar pembongkaran Jembatan Kalibata cepet terealisasikan.

Pembongkaran Jembatan Kalibata oleh Ahok ini dimaksudkan agar air yang mengalir bisa langsung menuju ke Pintu Air Manggarai, sehingga tidak menumpuk di jemabatan kalibata karena terhambat oleh sampah yang ada disana.

Seperti bencana banjir yang sering terjadi di Jakarta, ternyata Jembatan Kalibata ini juga ikut andil dalam menyumbang luapan air. Dan hal itu berakibat seringnya terjadi bencana banjir dipemukiman sekitar jembatan Kalibata tersebut.

Dampak yang paling parah dari terjadinya banjir ini selain menenggelamkan pemukiman warga, salah satunya adalah sampah yang ada di ibukota semakin menumpuk, dikarenakan meluapnya berbagai material yang diterjang oleh arus dan ikut hanyut terbawa air.

Setelah banjir terjadi, tumpukan sampah yang jumlahnya mencapai puluhan Ton itu terlihat menyelip dikolong badan jemabatan layang Kalibata disekitar Rahawatim, Kecamatan Pancoran, jakarta Selatan. Ketinggian jembatan yang sangat rendah ditambah tingginya volume air yang terdapat di jembatan Kalibata menjadikan sampah tidak bisa hanyut.
Update Berita Nasional terbaru disini : http://www.newsth.com/ruptik/

Sampah yang terselip di Jembatan Kalibata biasanya adalah potongan kayu dari batang pohon yang cukup besar dan akhirnya hanyut ikut terbawa air menambah rumitnya proses hanyutnya sampah dibawah jembatan, karena sampah pasti akan menyangkut disekitar batang pohon tadi, dan bila dibiarkan bisa menyumbat saluran air di kawasan jembatan Kalibata.


Semoga rencana dari Gubrnur DKI Jakarta Ahok ini dapat segera terealisasikan untuk mengatasi masalah banjir di Ibukota.

No comments:

Post a Comment